November 15, 2007

Free Software

Beberapa hari ini ngikuti diskusi yang cukup hangat di milis Delphindo. diskusinya tentang berapa banyak developer delphi yang pake delphi original. delphi termasuk IDE yang cukup mahal memang. cuman sekarang sudah ada versi free dan versi murahnya.
ada sebuah quotation yang menjelaskan tentang free software. orang sering salah kaprah dengan istilah free software. quotation ini akan memberikan penjelasan tentang makna free software.
The word “free” in “free software” refers to freedom, not to price; the price paid for a copy of a free program may be zero, or small, or (rarely) quite large

selain istilah free software, juga istilah open source yang banyak mengundang perdebatan. orang akan menganggap open source = gratis. memang banyak aplikasi yang open source itu gratis, tapi tidak sedikit aplikasi open source yang tidak gratis. klo gak salah, mysql adalah salah satu contoh yang tidak gratis. mysql menerapkan dual license. gratis klo dipake untuk coba2x or dalam proses development. juga gratis klo di distribusikan dengan aplikasi open source yg gratis juga. tapi klo udah dipakai untuk operasional, ada comercial license yang harus ditanggung oleh customer, dan itu dibayar tiap tahun.
jadi bijaksanalah dalam menyikapi software yang tidak free dan tidak open source. karena hal itu memang tergantung dari pengembang, ingin menggunakan model mana dalam software yang dibuat. salah satu alasan yang masuk akal kenapa pengembang menggunakan model close source adalah agar client tidak perlu bersusah payah mengerti coding software tersebut, karena client tidak mempunyai sdm yang mengerti source code software tersebut. butuh sesuatu tinggal minta ke pengembang untuk menyediakan fasilitasnya.
bagaimana menurut pendapat anda?


Powered by ScribeFire.

3 comments:

Anonymous said...

Bila end user menggunakan aplikasi open source maka bersiap-siaplah menerima fitur software apa adanya.

Bila developer menggunakan open source framework sebaiknya dia ikut terlibat dalam pengembangan framework tersebut, dan aktif mengikuti perkembangannya. Dan ini bisa menyita waktu yang cukup banyak bagi developer yang sedang dikerja waktu dan bisa menjadi kontra produktif. Dan saya yakin developer yang menggunakan open source framework biasanya dia sudah mapan dalam bidang pengembangan software.

Kantor saya menggunakan commercial development platform karena menjanjikan produktifitas dan pas buat ngejar setoran.

Anonymous said...

Wah pemerhati Delphindo juga ya :)
Aku pikir Seorang Madhi yang ahli di Visual Studio sudah gak pernah liat delphi :)

madhi said...

hehehe...cuman pengen liat2x rumput tetangga yang katanya lebih bagus daripada rumput dihalaman sendiri...