November 26, 2007

Tab atau Enter?

Untuk berpindah obyek atau control dalam sebuah aplikasi secara default (pada operating system berbasis graphic), tombol atau key yang digunakan adalah Tab. Hanya saja, operator yg terbiasa menggunakan aplikasi yang berjalan pada DOS, untuk berpindah control menggunakan enter. Kalo saya amati, aplikasi yg dibuat oleh orang luar negeri, semuanya sudah menggunakan tab. Bahkan aplikasi under web juga menggunakan tab. kalo aplikasi buatan dalam negeri, seperti Zahir, My Family Accounting dan aplikasi yang cukup populer, juga menggunakan tab. Enter digunakan untuk proses validasi atau proses penyimpanan data. dimanapun cursor berada, ketika tombol enter ditekan, maka proses (biasanya simpan data) akan dilakukan. demikian juga tombol ESC. dimanapun cursor berada, maka proses batal akan dilakukan.
sebagai pengembang software, saya selalu membuat aplikasi dengan 2 key untuk berpindah control, tab dan enter. hanya saja, ada beberapa komponen yang tidak bisa menerima perintah enter untuk berpindah ke obyek yang lain.
Nah, menurut anda, seberapa penting kita memfasilitasi enter sebagai pindah ke control yang lain? apakah operator atau pengguna komputer pada saat ini sudah paham dan mengerti bahwa fungsi tab adalah untuk berpindah control?
ditunggu comment dari rekan2x semua.

Powered by ScribeFire.

1 comment:

Anonymous said...

Wah klo aku lebih setuju dengan tombol TAB sebagai kontrol untuk pindah, selain mempermudah developer juga menganut standard aplikasi yang sudah lazim digunakan baik itu berbasis Windows,OSX, Linux atau yang lain. Untuk dari sisi user kita tinggal membiasakan saja. Kata para peneliti perlu 49 hari untuk menjadikan sebuah kegiatan menjadi sebuah kebiasan :)